Selasa, 30 Oktober 2012

E-Banking


                       Perbankan Elekronik (E-banking) E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah sarana untuk melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan, sehingga dapat melakukan transaksi di mana saja selama masih ada internet. 
                      Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
 E-banking terdapat 2 macam yaitu :

1. Online Banking

Saat ini internet telah menghubungkan lebih dari 100.000 jaringan komputer di dunia dengan pengguna lebih dari 100 juta orang. Dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank.


2. Mobile Banking
Mobile Banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon seluler GSM dengan menggunakan SMS.


Contoh E-banking :  

Bedah Web : http://www.klikbca.com/
               KlikBCA merupakan layanan Online Banking yang merupakan salah satu dari E-banking dimana BCA menawarkan layanan transaksi perbankan sehingga dapat digunakan dimana saja bagi para nasabah BCA.
Pada saat masuk kedalam halaman web KlikBCA maka pengguna akan dapat melihat tawaran apa saja dari BCA serta nilai kurs beberapa mata uang. Jika ingin melakukan transaksi perbankan maka pengguna dapat memilih 2 pilihan yaitu individual atai bisnis, ini tergantung dari kartu BCA yang dipakai nasabah.


Pada saat masuk ke individual login maka akan masuk ke halaman web : https://ibank.klikbca.com/


Saat masuk ke individual login, maka disana nasabah akan dapat bertransaksi perbankan dengan ID dan Password yang telah di berikan oleh BCA pada saat pendaftaran untuk dapat menggunakan fitur KlikBCA.

Untuk dapat melakukan transaksi perbankan dalam Online Banking BCA maka di butuhkan alat keamanan yang harus dibeli pada saat pendaftaran Online Banking, yaitu KeyBCA. Seperti pada gambar dibawah ini :


Salah satu contoh proses Transfer lewat KlikBCA :


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/E-banking
http://www.klikbca.com/
http://www.bca.co.id/id/individual/produk_dan_layanan/e-banking/klikbca/klikbca.jsp
https://ibank.klikbca.com/

Sumber Gambar :
http://dailysocial.net/en/wp-content/uploads/2011/08/keybca.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhstBoQnb-dRQPeyLqk7cvGH3npddcGqsDBQoIRVMJpsFuI62JTexGEGD0sBNVINf_X8sF7-IPMYU2CzvgE83wP05aDI67QyojBdafqPTRcUMOZKqbC2ZmP5owSui6s6MKQZdPfYA2XdgqS/s1600/transfer-uang-bca-blogernas-5.jpg
https://lh4.googleusercontent.com/-mwmrBOi1i6A/TpYg8-nCRQI/AAAAAAAABx4/hI1tOMu9EQI/bca-mobile-banking.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar